Persiapan dan Panduan Cara Membuat Bisnis Plan

Bisnis Plan - Bisnis memang menarik banyak orang untuk terjun di dalamnya karena memiliki banyak kelebihan dibanding dengan terikat dalam suatu perusahaan.

Bisnis dirasa lebih ideal dan efektif dilakukan saat seluruh perkembangan dunia digital dan internet semakin maju. Karena dukungan banyak faktor pelaku bisnis merasa pekerjaan mereka lebih mudah dilakukan, salah satunya adalah dari segi pemasaran.

Jika sebelumnya promosi atau tim pemasaran harus bersusah payah mengunjungi wilayah yang jauh, namun kini dengan kemajuan internet kita bisa mempromosikan produk bisnis kita dengan berdiam diri di tempat memanfaatkan media elektronik dan internet.

Ada banyak masyarakat yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis. Selain ada ketertarikan mereka biasanya juga memiliki jiwa bisnis yang cukup tinggi.

Namun ketahuilah jika sebelum memulai sebuah bisnis anda diwajibkan memiliki Bisnis plan atau perencanaan bisnis yang matang.

Karena Bisnis Plan inilah yang nantinya akan menentukan ke mana arah dan tujuan bisnis akan dibawa. Dengan kata lain rencana bisnis adalah tujuan berdirinya sebuah perusahaan atau usaha.

Baca Juga : Daftar Agen Pulsa Termurah di Malang Jawa Timur

 

Pengertian Bisnis Plan (Business Plan)

Bisnis plan adalah pernyataan tеrtulіѕ mеngеnаі maksud ѕеrtа tujuаn уаng іngіn dісараі dari ѕеbuаh bіѕnіѕ. Meski terlihat sederhana namun ketahuilah menentukan rencana dan tujuan sebuah bisnis itu tidak semudah yang kita bayangkan.

Karena di dalam business plan bukan hanya berisi mengenai maksud dan tujuan yang ingin kita capai melainkan mencakup berbagai hal penting mulai dari target jangka pendek, menengah, serta panjang, cara untuk mencapai tujuan tersebut, mencari solusi mengenai segala kendala yang mungkin terjadi nantinya, dan masih ada banyak hal penting lainnya.

Ketahuilah jika banyak pemula, bahkan pemain lama yang gagal karena gagal menerapkan bisnis plan yang baik. kegagalan dalam menyusun sebuah rencana bisnis yang baik tentunya akan membawa kita pada kegagalan.

Persiapan dan Panduan Cara Membuat Bisnis Plan - Arjuna Pulsa Murah


Mengapa Bisnis Plan Sangat Penting?

Mungkin untuk pelaku lama dalam dunia bisnis sudah paham betul dengan manfaat dan tujuan membuat rencana bisnis.


Namun bagi para pemula mungkin masih sedikit bingung dengan rencana bisnis dan banyak yang bertanya mengapa business plan sangat penting atau seberapa pentingnya bisnis plan? Maka berikut beberapa alasan yang membuat bisnis plan sangat penting:


1. Pentingnya Rencana Bisnis Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

Pentingnya rencana bisnis untuk mengawali sebuah bisnis berfungsi untuk merancang strategi serta rencana awal sebuah bisnis.

Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik tentu saja dengan adanya panduan awal serta rancangan yang matang, maka tanpa kedua hal tersebut bisnis akan sulit berkembang.

Maka dari itu sejak awal pembuatan bisnis diwajibkan memiliki rencana bisnis agar segala sesuatunya lebih terarah dan terorientasi pada target dengan jalan yang tepat menuju sebuah kesuksesan.

Rencana bisnis juga harus disusun secara detail, karena pada dasarnya sebuah bisnis memiliki rencana yang semakin lengkap dan detail.

hal ini membuktikan bahwa bisnis yang anda jalankan benar – benar serius sehingga mampu mengarah pada kesuksesan dan lebih mudah dalam menjalankan roda bisnis ke depannya.

Rencana bisnis atau bisnis plan  yang baik juga tentu saja memungkinkan bisnis kita bisa berkembang dengan baik dan mampu mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan.

Baca Juga : Agen Pulsa Termurah di Makassar

 

2. Pentingnya Bisnis Plan Untuk Mencari Sumber Dana

Sebagai pelaku bisnis tentu saja bukan hanya berbisnis seorang diri, meskipun kita seorang yang kaya raya tetap saja membutuhkan seorang atau banyak investor.

Pencarian investor tentu saja bertujuan untuk mengembangkan bisnis kita dengan lebih maju lagi. modal yang akan diberikan oleh investor akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Untuk mendatangkan investor yang akan memodali bisnis kita membutuhkan sebuah proposal atau dokumen yang harus kita ajukan kepada pihak yang memiliki dana, maka bisnis plan atau rencana bisnis inilah yang akan kita gunakan sebagai salah satu kuncinya.

 
Jika perusahaan atau pelaku bisnis bisa menunjukkan bisnis plan atau rencana bisnis yang baik dan menarik, maka bisa digunakan untuk memperoleh sumber pendanaan.

Tentu saja dengan sebuah dokumen resmi untuk menulis segala gambaran dari bisnis yang akan kita jalankan. Investor pasti akan melihat dokumen resmi yang anda sodorkan dengan detail.

Dan uji kelayakan pertama akan dilakukan. Tentu saja bisnis plan yang anda miliki harus mampu menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh investor.

Pertanyaan utama yang diajukan investor tentu saja mengenai adakah keuntungan yang akan didapatkan jika menanam modal di bisnis anda?.

Selain itu pertanyaan lain seperti apakah investor nantinya bisa mempercayai anda dan semua orang yang tergabung dalam usaha di bisnis tempat investasinya?, serta apakah investor mengerti dengan tujuan bisnis anda di mana ia berinvestasi.

Memang cara  dasar untuk menarik investor sebagai sumber pendanaan adalah dengan memiliki rencana bisnis yang baik, jelas, terperinci, tidak ambisius, dan lainnya. setelah semua itu tentu saja harus dibarengi dengan kemampuan bisnis yang baik  sehingga lebih membuat investor percaya untuk menanamkan modal ke usaha yang anda miliki.


3. Pentingnya Bisnis Plan Untuk Membuat Bisnis lebih Fokus dan Terarah

Memiliki rencana awal pembangunan bisnis dan memiliki tujuan yang jelas tentu saja akan membuat kinerja anda lebih fokus serta terarah. Sehingga tidak melenceng dari tujuan utama pembangunan bisnis.

Hal ini tentu juga akan segala tujuan yang sudah direncanakan dalam merintis bisnis akan tercapai sesuai dengan target atau tujuan yang sudah ditetapkan dan membuat bisnis anda dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Pulsa yang Tersedot Pada Provider Indosat

 

4. Pentingnya Bisnis Plan Untuk Memprediksi Masa Depan

Bisnis plan bukan hanya penting dalam awal pembangunan sebuah bisnis, namun ada manfaat lain yang akan kita dapatkan yakni untuk membuat prediksi masa depan bisnis anda.

Dalam pembuatan bisnis plan kita bukan hanya dituntut membuat rancangan jangka pendek saja, namun kita tentu juga dituntut memiliki gambaran bisnis menengah serta jangka panjang.

Pada saat penyusunan rencana inilah anda turut memprediksi masa depan terhadap bisnis yang sedang anda jalani.

Meski ramalan atau prediksi bisnis ini hanya bersifat subjektif, namun dengan rencana yang jelas dan tetap fokus menjalankan rencana yang sudah disusun dengan alur yang lengkap dan jelas, maka semua prediksi akan terealisasi dengan baik dan menjadi kenyataan, karena tidak ada usaha yang menghianati hasil.

Meski sebuah bisnis bukan hanya membutuhkan bisnis plan yang baik, namun ada banyak faktor nantinya yang harus dipenuhi, salah satunya adalah riset yang baik, sehingga sebuah usaha akan memiliki bobot serta memiliki kemungkinan besar akan maju dan melesat.


5. Pentingnya Bisnis Plan Untuk Menaikkan Level Bisnis

Tujuan serta manfaat bisnis plan adalah untuk menaikkan level sebuah bisnis. Bagi pelaku bisnis yang baik dengan segala rencana  atau target yang jelas sejak awal pembangunan bisnisnya maka memiliki kesempatan untuk menaikkan level bisnis yang dimiliki ke tingkat yang lebih tinggi.

Hal ini tentu saja berbeda jauh dengan mereka yang menjalankan bisnis sembarangan atau yang penting jalan. Rencana bisnis yang baik dan terperinci tentu juga akan memicu atau memotivasi pelaku untuk menjalankan roda bisnis dengan baik.

Dengan semangat serta motivasi yang baik dalam menjalankan bisnis tentu saja hal positif juga akan diperoleh yakni memiliki peluang lebih besar untuk terus berkembang lagi ke depannya.

Baca Juga : Manfaat SMS End User dan Cara Settingnya


Persiapan Sebelum Membuat Bisnis Plan

Sebelum kita melihat bagaimana cara membuat bisnis plan yang baik maka ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membuat rencana bisnis yang tepat sasaran. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat bisnis plan, di antaranya:


1. Kenali Terlebih Dahulu Bisnis yang Akan anda Jalani

Untuk membuat sebuah rencana bisnis yang baik dan tepat tentu saja sebagai pelaku bisnis harus paham betul dengan bisnis yang akan dijalani, hal yang perlu anda tahunya tentu saja bukan sebatas bisnis apa yang akan dijalankan, melainkan seluruh detail bisnis tersebut.

Anda juga harus mengenali kelemahan serta kekuatan bisnis perusahaan anda sebagai tolak ukuran keberlangsungan perusahaan yang nantinya akan anda kelola.

Selain itu membaca peluang kompetitornya juga wajib dilakukan agar kita mampu mengimbangi kekuatan lawan terutama bagi mereka yang sudah ahli dibidangnya.


2. Menentukan Target Pasar

Sebuah bisnis plan yang baik juga perlu dibuat dengan mempertimbangkan pasar yang akan anda sasar. Persiapan ini akan menentukan keberhasilan apakah rencana bisnis anda akan tercapai dengan baik atau tidak.

Dengan menyasar target pasar yang jelas maka akan memperbesar peluang bisnis anda diminati banyak orang. Jika target pasar tidak terpenuhi bagaimana pasar akan membeli produk yang anda produksi.

Dengan memahami target pasar yang sesuai dengan bisnis anda maka akan mempermudah anda menyusun rencana serta strategi yang tepat untuk bisnis plan.


3. Siapkan Rencana Bisnis

Dalam tahap persiapan membuat bisnis plan juga dibutuhkan persiapan rencana bisnis yang tepat. Persiapan rencana bisnis yang matang akan membuat jalannya bisnis menjadi lebih terstruktur dan terarah, hal ini tentu saja akan membantu pebisnis pemula untuk mencapai tujuan bisnis yang sudah dibuat secara matang.

Baca Juga : Cara Jualan Di Lazada Biar Untung Besar


Cara Membuat Bisnis Plan atau Rencana Bisnis

Meski terlihat sederhana dan mudah dilakukan, namun ketahuilah membuat bisnis plan atau rencana bisnis yang baik itu tidaklah mudah.

Membutuhkan banyak pertimbangan dan banyak pemikiran untuk bisa membuat sebuah rencana bisnis atau bisnis plan. Berikut ada beberapa cara membuat bisnis plan atau rencana bisnis yang baik, di antaranya:


1. Ringkasan Singkat

Unsur utama yang harus dipenuhi dalam pembuatan bisnis plan atau rencana bisnis adalah ringkasan singkat. Ringkasan ini berisi mengenai informasi penting mengenai bisnis atau perusahaan yang akan anda jalankan.

Beberapa di antara adalah berisi mengenai visi, misi, tujuan serta target bisnis yang akan dikembangkan ke depannya.

Selain itu untuk produk seperti barang atau jasa juga harus dibuat atau dikemas semenarik mungkin sehingga membuat bisnis yang anda miliki menarik dan memiliki nilai jual tinggi


2. Latar Belakang Bisnis

Untuk membuat proposal tentu saja kita membutuhkan latar belakang yang baik, maka begitu pula ketika kita akan membuat bisnis plan, tentu saja kita harus memiliki latar belakang bisnis mengenai mengapa anda membangun bisnis tersebu.

Juga, siapa saja orang – orang yang terlibat di dalamnya khususnya investor serta pemilik saham, memiliki struktur organisasi yang baik, nama konsultan dan para ahli, serta lainnya yang masih berhubungan dengan latar belakang bisnis anda.


Berikut beberapa aspek yang harus ada dalam sebuah latar belakang bisnis:

  • Sejarah perusahaan dari awal pembangunannya
  • Berbagai pihak yang terlibat
  • Rencana pengembangan
  • Kondisi keuangan perusahaan
  • Penjelasan mengenai usaha yang dijalankan
  • Penjelasan produk mengenai produk yang ditawarkan, manfaat produk, serta keunggulan yang dimiliki produk
  • Lokasi bisnis

Baca Juga : Tips Mencari Distributor Pulsa Termurah dan Terlengkap


3. Analisis Produksi Bisnis

Hal selanjutnya yang harus ada dalam sebuah bisnis plan atau rencana bisnis adalah analisis produksi bisnis. Dalam tahap ini membutuhkan penjelasan yang jelas dari pangkal hingga ujung, contohnya jika bisnis anda bergelut di bidang produksi.

Maka anda harus menjelaskan secara detail mulai dari penerimaan pesanan, produksi barang, hingga penyaluran barang. Untuk bisnis yang bergerak di bidang lain pun juga harus melakukan hal yang sama, harus memiliki informasi yang jelas kepada konsumen.


4. Analisis Tenaga Kerja

Memasukkan analisis tenaga kerja dalam sebuah rancangan bisnis atau bisnis plan juga merupakan hal yang penting.

Analisis tenaga kerja ini bisa meliputi berapa tenaga kerja yang dibutuhkan, contohnya kompetensi dan keahlian, serta jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Pengolahan sumber daya manusia yang tepat akan sangat mendukung perkembangan dan kemajuan bisnis yang ada miliki. Jadi jangan meremehkan tahapan menganalisis tenaga kerja karena salah satu penentu keberhasilan bisnis anda.


5. Analisis Pemasaran dan Distribusi

Sebagai pelaku bisnis yang baik dengan rencana bisnis atau bisnis plan yang baik pula tentu saja kita harus menganalisis pemasaran serta distribusi jasa.

Berbagai hal dalam pemasaran dan distribusi yang perlu diperhatikan adalah target pasar yang akan dibidik, tren pasar yang sedang berkembang, serta strategi pasar yang harus dilakukan untuk mencapai target penjualan.

Agar produk atau jasa yang anda tawarkan bisa dinikmati oleh konsumen tentu saja proses serta strategi distribusi harus dibuat dalam sebuah bisnis plan

Berbagai poin dalam pemasaran, di antaranya:

  • Analisis pemasaran
  • Potensi pasar serta prospek pertumbuhan
  • Profit target konsumen
  • Market-share
  • Karakteristik konsumen
  • Tingkat kompetensi

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa Potensi Untung Puluhan Juta


6. Analisis Pengembangan Modal

Dalam sebuah bisnis transparansi keuangan juga sangat penting dilakukan, mulai dari mencantumkan pemasukan hingga pengeluaran hal ini bertujuan untuk memperhitungkan kapan modal akan kembali, kapan bisa mengembalikan investasi kepada investor, selain itu segala hal yang berkaitan dengan analisis keuangan serta pengembangan modal harus ditulis secara detail dalam sebuah rencana bisnis atau bisnis plan.


Poin yang perlu ada dalam analisis modal, di antaranya:

  • Analisis modal atau keuangan bisnis
  • Perkiraan pemasukkan atau pemasukan bisnis
  • Besaran dana yang diperlukan
  • Rincian biaya operasional harian, bulanan, serta tahunan

 

7. Rencana Pengembangan Bisnis

Dalam membuat bisnis plan juga perlu sekali membuat rincian atau analisis mengenai rencana pengembangan bisnis.

Hal ini dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada investor yang biasanya akan menyoroti rencana ekspansi serta pengembangan usaha, seberapa serius anda dalam menjalankan bisnis serta mengembangkan bisnis anda serta memiliki strategi pengembangan bisnis apa saja sanda sebagai seorang pengusaha.

 

8. Analisis Risiko Bisnis

Dalam bisnis plan tentu bukan hanya menyoroti bagaimana perkembangan sebuah bisnis, karena setiap yang namanya usaha pasti memiliki risiko. Maka penting sekali membuat detail mengenai risiko bisnis dalam bisnis plan yang anda buat.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi seperti risiko operasional, risiko keuangan, risiko produksi, dan masih banyak risiko lain. Analisis risiko ini tentu saja harus memiliki strategi untuk mengatasi segala risiko serta dampak yang mungkin akan terjadi.

Baca Juga : Panduan Cara Jualan Online untuk Pemula


#Kesimpulan

Business Plan atau rencana bisnis adalah hal wajib yang perlu dibuat sebelum anda membangun sebuah bisnis. Meski tidak seluruh usaha membutuhkan bisnis plan seperti mereka yang ingin  menjalankan bisnisnya seorang diri tanpa investor, namun tentu saja, dengan perencanaan yang matang segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik.

Meski di dalam kenyataannya sebuah bisnis bisa saja tidak berjalan sesuai rencana karena berbagai kendala, namun strategi risiko yang sudah kita buat sebelumnya dalam rencana bisnis akan membantu meminimalisir kerugian dan risiko.

***

Itu tadi penjelasan mengenai bisnis plan atau rencana bisnis yang besar dan tepat. Mungkin buat para pemain lama sudah cukup paham dengan rencana bisnis yang dijalani, namun bagi pemula tentu saja membutuhkan panduan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan cukup membantu. Terima kasih.

0 Response to "Persiapan dan Panduan Cara Membuat Bisnis Plan"

Posting Komentar