Panduan Cara Jualan Online untuk Pemula

Arjuna Pulsa - Berjualan online saat ini memang semakin diminati, bukan hanya oleh anda, namun berjuta orang di luar sana juga menginginkan hal yang sama.

Pеdаgаng оnlіnе bіаѕаnуа mеnjаdіkаn bisnisnya ini sebagai реkеrjааn tambahan di samping реkеrjааn utаmа. Namun ada juga sebagian orang yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama, karena perkembangan pesat yang sudah dirasakan dari segi penghasilan tentunya     

Mudahnya berjualan online di era modern ini karena seluruh sarana dan prasarana yang semakin maju. Cara juаlаn online mеmаng tеrbіlаng mudah, namun аndа hаruѕ mеnуаdаrі ada jutааn реdаgаng yang mundur аtаu gulung tіkаr dі аwаl – аwаl реrjuаngаn, lаlu mеngара dеmіkіаn? 

Baca Juga : Cara Jualan Di Lazada Biar Untung Besar

Bаnуаk yang berpendapat mandeknya para pedagang оnlіnе реmulа disebabkan оlеh kurаngnуа niat di dalam hаtі ѕеrtа lambat dаlаm mеmbаса реrkеmbаngаn pasar уаng bеrjutа реѕаіng munсul ѕеtіар hаrіnуа. 

Untuk itu buat yang ingin berjualan online bisa menambah pengetahuan dari berbagai sumber, seperti membaca cara jualan online yang benar melalui situs – situs di internet, dan lainnya.

Memang саrа juаlаn оnlіnе ini ѕuѕаh – susah gаmраng . Ada banyak trik jitu yang harus anda keluarkan untuk menarik konsumen agar bisa bertahan lama di industri ini.

Arjuna Pulsa, Panduan Cara Jualan Online untuk Pemula


Cara Jualan Online Bagi Pemula

Cara jualan online bisa dibilang mudah, namun bisa juga dibilang susah. Anda sebagai pemula pasti masih merasa bingung dengan apa yang dimaksud.

Mаkа untuk memulai usaha jualan online аdа bеbеrара cara jualan оnlіnе bаgі pemula уаng dіjаmіn jіtu. Berikut di antaranya:


1. Memiliki Mindset Bisnis yang Benar

Sebagai seorang pebisnis muda hal utama yang harus anda miliki bukannya modal atau produk yang akan dijual, namun semua   itu harus berasal dari diri anda sendiri.

Atau bisa disebut sebagai nilai dasar pebisnis yakni memiliki mindset bisnis yang benar atau sikap mental yang positif. Pemikiran positif ini sangat penting ditanamkan sebagai modal awal membangun aset yang nantinya akan kita gunakan untuk bekerja.

Mental yang positif juga akan membantu kita bagaimana  bersikap dengan  sesama pelaku bisnis yang sama. Jadi jika dari dalam diri kita sudah memiliki aura positif maka dalam menjalankan bisnis akan ada saja kemudahan yang akan kita dapatkan.    


a. Persiapan Awal dalam Memulai Bisnis Online

Setelah kita mempersiapkan mental bisnis dari dalam hati dan pikiran kini kita akan melihat persiapan awal dalam memulai bisnis online. Cara jualan online tentu bukan hаnуа dіlаkukаn dengan mеmреrѕіарkаn dіrі kіtа saja ѕесаrа bаіk, namun ada bаnуаk hаl yang perlu diperhatikan dаn dipersiapkan, dіаntаrаnуа: 

  • Modal atau pendanaan
  • Produk yang ada dijual
  • Pasar yang akan dituju
  • Strategi penjualan
  • Tren bisnis atau kelangsungan bisnis

Dalam sebuah usaha hal yang perlu dibutuhkan adalah beberapa hal tersebut, namun sebagai pelaku bisnis perlu sekali mengubah cara berpikir kita, bahwasanya penentu kesuksesan seseorang adalah kualitas pribadi manusia itu sendiri.

Kemampuan yang kita miliki dalam banyak bidang, misalnya kita pandai menulis, pandai berbicara, pandai membuat web, namun jika kita tidak memiliki visi terhadap kemampuan kita sendiri dan tidak memiliki semangat   untuk bekerja dan meraih sukses, maka bisnis yang akan kita jalani tidak akan bisa berkembang dengan baik.

Dengan niat yang baik dan semangat juang yang tinggi dalam meraih kesuksesan akan membuat jualan online yang anda jalani bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga : Cara Jualan di Shopee Step by Step untuk Pemula

 

b. Tujuan Berbisnis

Sebagai pemula dalam dunia bisnis, baik online maupun offline tentu harus mengetahui apa sebenarnya tujuan kita berbisnis? Memang tujuan setiap orang melakukan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu ada tujuan yang lebih mulia lagi yakni bisa melayani lebih banyak orang   serta memiliki manfaat lebih bagi orang lain, itu menurut saya yang lebih penting. 


2. Mulai Dengan Jualan Apa?

Cara jualan online yang kedua adalah akan kita lanjutkan dengan sebuah putusan mengenai apa yang akan kita jual. Keputusan ini akan menentukan langkah bisnis anda ke depannya, maka menentukan jenis produk yang akan dipasarkan itu juga suatu keputusan penting.

Dalam tahapan awal ini memang segala yang akan kita bahas adalah mengenai persiapan jualan, baik dari dalam diri maupun dari luar. Nah dalam tahapan ini silakan pikir baik – baik apa yang akan anda jual dan kira – kira dibutuhkan banyak orang atau tidak.


a. Cara Menemukan Ide produk

Buat anda yang masih bingung dan masih menimbang – nimbang mau jualan apa, ada beberapa langkah menentukan ide produk yang tepat, berikut di antaranya:

  • Pikirkanlah apa yang kira – kira dibutuhkan oleh masyarakat dengan langkah awal mencari tahu kebutuhan orang yang ada di sekitar anda dengan melakukan survey ke beberapa orang
  • Jadikan diri kita sebagai perantara solusi dari masalah kebutuhan orang – orang
  • Jadikan pula diri kita sebagai orang yang bermanfaat dengan membentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Setelah kita memikirkan semua hal di atas dengan baik, maka kita bisa memulai menentukan produk yang akan dijual.

Dalam langkah ini banyak orang yang salah kaprah, mereka justru lebih fokus pada produknya terlebih dahulu, bukan pada kebutuhan orang banyak.

Kesalahan dalam langkah inilah yang menyebabkan banyak pebisnis yang gagal dalam hitungan bulan saja. agar bisnis online yang kita jalani lebih greget dan mencapai target penjualan secara terus menerus, maka lakukan riset pasar dengan baik terlebih dahulu, seperti mencari tahu barang yang cepat laku.

Jika kita menjual barang yang tidak mudah laku, maka secara otomatis transaksi jual beli pada toko online yang kita miliki juga sedikit dan penghasilan kita juga tidak akan banyak.


b. Cari Produk yang Bisa Dijual Online

Sebagai calon penjual kita harus paham jenis – jenis produk, agar kita bisa mengira  – ngira produk apa saja yang bisa kita jual secara online, di antaranya:

  • Barang fisik : merupakan barang yang terlihat, berwujud, dan bisa disentuh, meskipun online hanya melihat gambarnya saja, namun ketika sudah sampai kepada pelanggan barang tersebut ada wujudnya dan bisa disentuh dan digunakan. Contohnya, obat herbal, jam tangan, baju, celana, pernak – pernik aksesoris dll.
  • Barang digital : merupakan produk yang dihasilkan oleh barang – barang digital. Contohnya, pulsa, ebook, kursus online, software, produk – produk informasi dll
  • Produk jasa : segala produk yang berhubungan dengan jasa, bisa kita rasakan namun tidak berwujud dan tidak bisa disentuh. Contohnya, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, jasa pembuatan website dan toko online dll.

Baca Juga : Cara Jualan Pulsa Potensi Untung Puluhan Juta

 

3. Buat Toko Online / Website Jualan

Cara jualan online yang ketiga adalah masuk ke tahap pembuatan toko online atau website khusus jualan. Setelah niat dan produk yang akan kita jual sudah diputuskan maka kita harus memiliki lapak online.

Karena bisnis yang kita akan jalankan ini berbentuk online, maka langkah yang satu ini sangat penting sekali. Selain sebagai lapak berjualan, website jualan juga akan kita gunakan untuk promosi.

Dengan promosi yang baik, maka akan banyak orang tahu tentang bisnis online   milik kita, sehingga akan menghasilkan keuntungan yang kita harapkan. Pembuatan website jualan ini bisa dicoba dengan menghubungi jasa pembuatan website profesional.               


a. Manfaatkan Marketplace serta Media Sosial

Bisnis yang akan kita jalani ini berbasis online melalui internet, maka sebagai pelaku bisnis khususnya berjualan kita tidak perlu menyiapkan toko, gedung, ruko, atau jenis bangunan lainnya.

Bangunan fisik memang tidak diperlukan, namun anda harus beralih ke tempat digital untuk para konsumen mengaksesnya secara online menggunakan internet.

Media digital yang bisa menjadi pilihan adalah berbentuk website, media social, toko online, serta yang sedang marak yakni memanfaatkan marketplace.

Ada banyak marketplace besar di Indonesia yang menaungi banyak sekali pedagang online. Banyaknya pengunjung yang sudah dimiliki oleh beberapa marketplace besar tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kita dengan menjangkau pelanggan lebih luas lagi.

Pasar online seperti ini sangat marak di kalangan anak muda dan berbagai kalangan lainnya. langkah berjualan di pasar online, media social, serta aplikasi chat adalah pilihan yang sangat tepat. Berikut beberapa media online pilihan yang tepat untuk menunjang bisnis anda, di antaranya :

  • Situs marketplace. Contohnya, Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, OLX, Blibli.com, dll
  • Situs media social. Contohnya, instagram, Facebook, twitter
  • Aplikasi social chat. Contohnya, telegram, whatsApp, LINE, dll

Untuk berjualan online anda bisa memilih beberapa media sekaligus untuk memperluas promosi. Anda bisa membuat website, toko online, menggunakan lapak sekaligus. Itulah salah satu kemudahan dalam dunia jualan online.

Media – media tersebut juga bisa dibuat secara mudah dan gratis, jadi jika pun anda ingin menggunakan semuanya, maka tidak membutuhkan biaya tambahan.

Baca Juga : Tips Cari Distributor Pulsa Termurah dan Terlengkap


b. Membuat Website Sendiri

Cara jualan online selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat website jualan sendiri. Selain berjualan menggunakan lapak – lapak yang sudah tersedia.

Kita juga bisa menjadi pebisnis yang lebih profesional lagi dengan mencoba membuat website sendiri yang nantinya akan digunakan sebagai lapak online atau workshop resmi bisnis kita di dunia maya.

Keuntungan lain dari website jualan ini adalah kita bisa menghandle seluruh media social yang kita miliki dari web. Jadi kita bisa langsung menyebar promosi ke social media, marketplace, toko online, dan lainnya.

Toko online yang kita miliki juga akan terlihat semakin keren dan profesional sehingga membangun citra positif bagi bisnis kita.

Jika anda memasang promosi di bisa dimasukkan bagian bawahnya link menuju situs atau website kita. Banyak juga yang berpendapat bahwa memiliki website sendiri menjadi tolak ukur keseriusan kita dalam menjalankan bisnis. Pelanggan juga akan semakin yakin ingin bertransaksi dengan toko kita.


c. Gunakan Jasa Pembuatan Website

Selain membuat website jualan sendiri menggunakan cara yang praktis dan gratis, anda juga bisa memilih menggunakan jasa pembuatan website.

Menggunakan jasa profesional tentu hasilnya juga akan baik. cara ini juga terbilang praktis buat anda yang  gak mau ribet mempelajari  bahasa pemprograman web dan lainnya.

Anda bisa meminta tolong teman yang biasa membuat website atau mencari jasa pembuatan website yang mudah dicari di internet. 


4. Promosi Online

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam serangkaian cara jualan online adalah melakukan promosi online. Jika ketiga tahap sudah dilakukan dan selesai dibuat maka kita siap untuk berjualan.

Langkah pertama adalah dengan mempromosikan   website bisnis kita dengan tujuan mendapatkan kunjungan atau trafik yang baik. promosi web bisa kita lakukan dengan memanfaatkan media social seperti, facebook, instagram dan lainnya.    .

Untuk memperluas promosi kita bisa mencoba menambah follower atau teman sehingga akan semakin membantu.

Promosi pertama anda bisa dimulai dengan memajang produk atau jasa yang anda tawarkan di situs direktori bisnis. Contohnya kaskus, Bukalapak, Lazada dll. Untuk tingkat promosi   yang lebih mutakhir lagi anda bisa mencoba memanfaatkan mesin pencarian, contohnya google, yahoo, bing, menggunakan teknik   SEO.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Pulsa yang Tersedot Pada Provider Indosat

 

5. Bangun Bisnis

Berjualan atau berbisnis memang tidak selamanya berjalan mulus dan sesuai harapan, semua tergantung rezeki, namun anda   harus menanamkan dalam diri bahwa tiada usaha yang menghianati hasil.

Percayalah bahwa usaha yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. dengan mengikuti keempat cara jualan online di atas kita juga sudah sama saja dengan berusaha membangun bisnis dengan baik.

Dengan membangun bisnis menggunakan sistem yang baik maka usaha yang kita lakukan tidak akan sia – sia dan bisa menjadi aset untuk ke depannya.

Membangun sistem bisnis yang baik juga harus dibarengi dengan membangun sistem alur bisnis, mengumpulkan modal kerja, membangun tim kerja, membeli aplikasi yang kita butuhkan, membuat website profesional, dan lain sebagainya.


6. Mentor dan Lingkungan yang Positif

Cara jualan online menggunakan teknik yang baik seperti lima langkah yang sudah saya jelaskan juga akan semakin sempurna jika kita memiliki seorang mentor.

Memiliki mentor atau seorang   guru yang sudah berpengalaman dalam   bidang jualan online akan menambah tingkat keseriusan kita.

Seorang mentor juga bisa menambah niat serta semangat kita sebab mereka sudah lebih dulu mengetahui pahit manisnya dunia bisnis online.


#Tips Jualan Online

Dalam menerapkan cara jualan online yang sudah dijelaskan di atas, akan semakin sempurna jika anda mencoba mengikuti beberapa tips jualan online, berikut di antaranya:


1. Menentukan produk yang akan dijual

Tips pertama jualan online menuju sukses adalah dengan menentukan produk yang akan dijual, baik barang maupun jasa. Pemilihan produk ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Baca Juga : Trik Internetan Gratis Indosat Ooredoo Terbaru

Secara garis besar pertimbangan tersebut bisa dilakukan dengan mengacu kepada beberapa hal berikut, di antaranya:

  • Buat para produsen produk anda tentunya tidak perlu repot memikirkan produk apa yang akan anda jual karena anda bisa mencoba memasarkan produk milik anda sendiri.
  • Buat para pemuda yang memiliki skill seperti membuat website, menulis, melukis, membetulkan AC atau lainnya maka anda bisa menawarkan jasa yang anda kuasai sendiri.

Jika kedua hal di atas tidak anda miliki, maka anda bisa menjadi supplier, dropship atau reseller produk milik perusahaan atau usaha orang  lain, dengan keuntungan yang sudah ditetapkan, kemudian anda bisa mencoba menjualnya lagi.

Buat anda yang memiliki modal bisa mencoba menjadi produsen sebuah produk, atau membeli langsung dari pabrik dan menjadi tangan pertama kemudian mencari orang yang mau menjadi penyalur produk anda.  


2. Menghitung Jumlah Biaya Operasional

Tips jualan online selanjutnya adalah dengan menghitung secara terperinci berapa biaya produksi atau operasional yang akan dikeluarkan sebagai modal awal.

Modal awal yang dikeluarkan harus sesuai dengan harga jual kembali. Untuk membantu para pebisnis dalam menghitung bisa dilakukan dengan mudah, maka masukkan daftar harga jual ke Microsoft Excel.

Buat yang berperan sebagai dropshiper maka harus memiliki perhitungan pembagian keuntungan dengan jelas sejak awal. Jika anda mengambil barang dari supplier, maka biaya transportasi juga harus dihitung.


3. Menentukan Harga Jual

Setelah anda menghitung jumlah biaya operasional dengan jelas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan berapa harga jual untuk masing – masing produk dagangan anda nantinya.

Biasanya para pedagang akan mengambil keuntungan sekitar 30 % dari modal. Jika sepasang sepatu modalnya Rp. 30.000 maka harga jualnya adalah sekitar Rp. 30.000 X 30 % maka harga jualnya adalah Rp. 39.000. Meski tiap pedagang memiliki target jualnya masing – masing, itu hanya secara umum atau garis besar saja.


4. Membuat Rencana Produk

Tips jualan online selanjutnya adalah dengan membuat rencana produk yang baik. dengan rencana bisnis yang baik, bukan tidak mungkin jika anda mendapatkan investor, sehingga usaha yang anda miliki bisa semakin berkembang. Berikut beberapa poin umum yang harus ada, di antaranya:

  • Jenis produk atau jasa yang akan dijual
  • Rincian biaya produksi dan operasional
  • Harga jual yang sesuai dengan modal awal
  • Target penjualan tiap bulannya
  • Berapa lama akan balik modal

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Terbaik Tercepat Terbaru

 

5. Bergabung dalam Komunitas Penjual Online

Tips jualan online yang terakhir adalah dengan bergabung dalam komunitas penjual online. Ada banyak sekali grup – grup jualan yang ada di media sosial seperti grup facebook, grup whatsApp dan lainnya akan membantu anda belajar berbisnis dengan berbagi pengalaman dengan orang lain.

***

Itu tadi artikel mengenai cara jualan online agar cepat laku. Tutorial di atas cocok sekali buat para pemula yang memiliki niat kuat untuk bergabung dalam dunia bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

    

0 Response to "Panduan Cara Jualan Online untuk Pemula"

Posting Komentar