13 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Usaha sampingan ibu rumah tangga bisa dijalankan tanpa mengganggu pekerjaan sehari-hari. Usaha sampingan ini bisa dijalankan disela-sela waktu lengang anda.

Sааt ini, banyak іbu rumаh tаnggа уаng mеnсоbа реruntungаn dengan berbisnis. Mengingat, setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah ada banyak waktu kosong, dan kebanyakan waktu ibu rumah tangga diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti gosip, melamun, duduk-duduk, sampai nonton sepanjang hari. 😁

Padahal, sebagai ibu rumah tangga, banyaknya waktu luang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, apakah itu ikut kegiatan PKK, pengajian, menambah soft skill dan lain sebagainya.

Selain itu, ibu rumah tangga kreatif juga bisa mencoba berbagai peruntungan membuka usaha sendiri di rumah. Ada banyak jenis lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Bagi anda yang pekerja kantoran, mungkin agak sulit untuk menjalankan bisnis sampingan seperti ibu rumah tangga. Pekerja kantoran dituntut untuk datang tepat waktu, dan pulang akhir waktu ditambah lagi dengan lembur dan lain sebagainya. Tentu saja ini sangat menyita waktu.

Berbeda kalau kita menjadi ibu rumah tangga, ada banyak waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan positif, bahkan kegiatan yang mendatangkan rupiah untuk membantu perekonomian keluarga.

Beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga seperti buka jasa loundry kiloan, bisnis makanan, bisnis kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Meskipun ibu rumah tangga menjalankan bisnis tersebut, namun pekerjaan rumah tangga tidak akan terbengkalai, tentu saja dengan syarat anda pandai mengatur waktu, kapan saat memasak, menyapu, mengurus anak, suami dan tugas ibu rumah tangga lainnya.

13 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan - Arjuna Pulsa, lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga, peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta, pekerjaan online untuk ibu rumah tangga, usaha ibu rumah tangga sukses, kerja sampingan ibu rumah tangga tanpa modal, usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar, usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang


Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Berikut ini Arjuna Pulsa rangkum paling tidak ada 13 usaha sampingan ibu rumah tangga yang mungkin akan anda minati:


1. Membuka Outlet Makanan

Membuka outlet makan menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang pertama, bisnis ini bisa menjadi salah satu pintu pemasukan yang menjanjikan. Apalagi kalau rumah anda berada di area kampus, kantor atau instansi pemerintahan.

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita sajikan. Tergantung dari pangsa yang ingin kita sasar. Contohnya untuk sarapan, kita bisa membuka kedai lontong, gorengan, bubur kacang hijau, nasi goreng dan lain sebagainya.

Kita bisa memulainya dari membuat warung kecil-kecilan di depan rumah atau di teras rumah saja. Syukur-syukur kalau ada gerobok untuk meletakkan berbagai bahan makanan.

Selain menu sarapan, anda juga bisa menjual gorengan saat hari mulai sore. Atau anda juga bisa membuka pecel lele di depan rumah, mengingat pecel lele kini cukup booming dan sangat diminati oleh masyarakat kita.


2. Buka Kedai Aneka Jus

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang kedua adalah membuka outlet untuk aneka jus. Usaha sampingan ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah panas. Dengan udara yang panas, membuat orang-orang akan tertarik untuk membeli jus anda. Apalagi kalau banyak anak-anak mudanya, akan semakin strategis lagi.

Usahakan untuk menyediakan berbagai macam buah, seperti jeruk, mangga, buah naga, alpukat dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan kapucino cincau karena capcin termasuk banyak penggemarnya.


3. Jualan Pulsa

Siapa sih yang tidak butuh dengan pulsa?

Pulsa kini bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Apalagi mereka yang menggunakan smartphone, akan lebih banyak lagi membutuhkan pulsa untuk internet.

Nah ini bisa menjadi usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar yang sangat menjanjikan. Kita bisa mulai berjualan pulsa dengan tetangga, kemudian menuliskan di kaca depan rumah ‘jual pulsa’ setelah itu beli etalase kaca untuk meletakkan aksesoris Handphone sekaligus sebagai penanda bahwa anda jualan pulsa. Selanjutnya anda bisa membuka counter kecil-kecilan di depan rumah.

Jika usaha ini terus berkembang, tidak ada salahnya anda mulai membesarkan usaha ini dengan menyewa tenaga pegawai untuk menjaga counter.

Untuk memulai bisnis pulsa, anda tinggal melakukan pendaftaran agen di Arjuna Pulsa, anda bisa mendaftar di sini. Anda bisa memulai dengan Rp. 50.000 saja dulu, kemudian bisa menambahkan jumlah deposit pulsa seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Tips Untuk Mempromosikan Bisnis Pulsa

 

4. Bisnis Aneka Kue

Bisnis pembuatan kue bisa dibilang cukup langka, karena tidak semua orang bisa membuat kue dengan rasa dan bentuk yang pas.

Jika anda memiliki keahlian membuat kue, apakah itu donat, kue bolu dan sebagainya, anda bisa menawarkan kepada tetangga untuk menggunakan jasa anda.

Bisnis ini cukup menjanjikan, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Kalau anda tidak punya keahlian membuat kue, anda bisa belajar langsung pada ahlinya, atau membeli buku resep masakan, kalau pun tidak, anda bisa mencari resep kue tertentu di internet.

Setelah kira-kira usaha dari rumah anda berhasil, anda bisa mulai ekspansi membuka ruko untuk pembuatan kue. Atau anda juga bisa ekspansi ke toko-toko atau bahkan ke minimarket dan super market untuk ‘menitipkan’ kue anda.


5. Kreasi Hand Made

Kerajinan tangan bisa menjadi salah satu pilihan merupakan salah satu kerja sampingan ibu rumah tangga tanpa modal yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau anda kreatif membuat kerajinan tangan dari berbagai barang bekas yang tidak terpakai.

Bagi anda yang berada di daerah wisata terdekat, bisnis yang satu ini sangat menjanjikan dan hasil kerajinan tangan anda bisa menjadi salah satu kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk mereka yang ada di rumah.


6. Bisnis Kosmetik

Sіара ѕіh yang tidak ingin tаmріl cantik dan menawan?  Nah ini bisa anda jadikan sebagai peluang untuk menghasilkan rupiah. Anda bisa menawarkan produk kecantikan kepada teman-teman anda.

Ada banyak jenis kosmetik yang bisa kita jual. Pertama tentu saja kita harus memakainya dulu, kemudian kita buat semacam testimoni pribadi untuk memikat pelanggan.

Untuk produk, kita bisa menjual produk dari berbagai produsen yang sudah terkenal dan terpercaya, dan pastinya terdaftar dalam POM.

Jika kita tidak memiliki dana cukup kita bisa juga melakukan dengan sistem dropshopping, di mana kita tidak perlu menyetok barang untuk menjualnya. Kita cukup bekerja sama dengan produsen, kita tawarkan calon pembeli alat kosmetik dari brosur dan gambar yang jelas, di sini tentu saja kepercayaan menjadi hal yang utama.

Maka dari itu, dari awal-awal kita harus membangun kepercayaan dari siapa pun terutama tetangga kita, bahwa kita adalah orang yang jujur, jika ini tidak menjadi masalah, maka mengenai kepercayaan clear sudah.

Nah, saat calon pembeli sudah menentukan produk pilihannya, langkah selanjutnya adalah, kita memesan produk tersebut kepada produsen atau distributor, kemudian produsen akan mengirimkan barang yang kita pesan setelah kita melakukan proses pembayaran.

jadi di sini kita adalah sebagai reseller yang akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang kita tawarkan dari harga pokok produsen atau distributor.

Baca Juga : Persiapan Dan Panduan Cara Membuat Bisnis Plan


7. Bisnis Jilbab dan Gamis

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengenakan pakaian gamis dan hijab, maka kita harus bisa melihat peluang ini dengan baik. Jualan jilbab dan gamis menjadi salah satu pekerjaan online untuk ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan saat ini.

Kita bisa berjualan jilbab dan gamis secara offline, dengan cara menawarkan kepada tetangga, atau kerabat, terutama pada hari menjelang idul fitri, biasanya pesanan meningkat pesat. Apalagi kalau produk-produk kita bagus-bagus.

Selain menjualnya secara offline, kita juga bisa menjalankan bisnis ini secara online dengan menggunakan social media yang kita miliki misalnya facebook, Instagram, WA story dan sebagainya. Untuk berjualan dengan menggunakan social media, pastikan kita memiliki banyak follower atau teman.

Untuk strategi ini, biasanya jika kita rajin update status yang bermanfaat dan motivasi, kita bisa mendapatkan followers secara perlahan tapi pasti.

Untuk sistem penjualannya sendiri, kita bisa menyetok barang di rumah, ini tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi anda yang terbatas dalam hal modal, bisa melakukannya dengan sistem dropshopping, seperti yang sudah di jelaskan pada point nomor 6 di atas.

Ada banyak sekali situs-situ di internet yang menerima reseller. Dengan sistem dropshopping kita tidak perlu harus mengeluarkan modal untuk stok barang. Jadi sangat minim resiko.

Untuk langkah pertama tentu saja kita harus mengenakan produk tersebut. Ini tentu akan semakin menarik minat pelanggan, apalagi dengan memakai hijab dan gamis tersebut kita terlihat cantik. Pasti ibu-ibu akan sangat senang sekali untuk memesan barang kita.

jadi, kita sebagai model dari barang yang kita jual. Kalau enak dilihat, maka produk kita bisa dipastikan akan laris manis.


8. Jualan Aneka Keperluan Bayi

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah jualan aneka perlengkapan bayi. Kita bisa menjual aneka perlengkapan bayi secara offline anda online, sama dengan point nomor 7 di atas.

Kita bisa menemukan dengan mudah situs-situs atau toko yang siap bekerja sama dengan reseller, namun anda harus memastikan mereka adalah penjual yang terpercaya. Anda bisa menjual aneka mainan, perlengkapan harian bayi, makanan bayi, camilan bayi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bayi hingga balita.

Baca Juga : Tips Cari Distributor Pulsa Termurah dan Terlengkap


9. Jadi Blogger

Menjadi blogger merupakan usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling ngehits saat ini. Ada banyak ibu rumah tangga yang menjalankan profesi sekaligus sebagai seorang blogger. Meskipun kita sibuk dengan urusan rumah tangga yang cukup banyak, profesi sebagai seorang blogger tetap bisa kita jalani.

Aktivitas blogging bisa kita lakukan kapan saja, dan tidak terikat oleh waktu dan tempat. Sehingga mengenai waktunya kita sendiri yang menentukannya.

Meskipun usaha sampingan saja, jangan anggap remeh profesi yang satu ini. Sudah ada banyak contoh ibu rumah tangga yang terbukti sukses meraup puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari website yang mereka kelola dari rumah saja.

Syaratnya, tentu saja kita harus konsisten dan telaten. Karena kita harus terus menulis artikel secara konsisten, usahakan bisa setiap hari menulis hal baru dalam website kita. Kita bisa memulai aktivitas Blogging dengan memanfaatkan fasilitas blogger.com atau wordpress.

Kalau kita mau belajar, gunakan fasilitas gratisan dari blogger dan wordpress. Silakan buka saja blogger.com atau wordpress.com, kemudian kita daftar dengan menggunakan email. Misalkan alamat blog anda adalah: catatanbundamaya.blogspot.com, atau bundamayacurhat.wordpress.com.

Kedua contoh blog ini yang bisa menghasilkan uang dari iklan dari Google Adsense adalah yang catatanbundamaya.blogspto.com, karena blog di wordpress.com tidak masuk dalam kriteria Google Adsense.

Setelah kita mahir menggunakan blog gratisan, saatnya kita migrasi ke website berbayar. Dan ini akan membuat web kita menjadi lebih profesional.


10. Menjadi Freelance

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang selanjutnya adalah freelance. Ada banyak situs yang menyediakan job tertentu, seperti situs freelance.co.id, situs project.co.id, serba 5 ribu dan sebagainya. Disana banyak orang yang membutuhkan jasa dan skill kita.

Job yang ditawarkan biasanya berupa translate buku atau ebook, desain logo, desain baju, desain rumah, dan sebagainya.


11. Buka Tempat Menjahit

Menjahit pakaian bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan. Memang, untuk menjahit kita butuh skill menjahit yang memadai, kalau tidak pasti pelanggan akan kecewa. Kalau anda punya skill yang mumpuni anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai sampingan setelah mengerjakan pekerjaan rumah selesai.

Pakaian merupakan kebutuhan wajib lho, termasuk seragam sekolah. Kamu bisa membuka jasa menjahit ini dari rumahmu.

Baca Juga : Panduan Cara Jualan Online untuk Pemula

 

12. Buka Katering

Jika anda pandai memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha katering kecil-kecilan di rumah. Anda bisa memulai dari tetangga ataupun mahasiswa yang ada di sekitar rumah anda. Usaha ini lumayan menjanjikan jika dijalankan, terutama jika kita berada di daerah perkotaan.

Usaha katering ini bisa anda jalankan dengan bekerja sama dengan tetangga sekitar. Anda bisa memanfaatkan tenaga mereka dengan sistem kerja harian, jadi untuk tahap awal anda tidak perlu menggaji karyawan yang notabene butuh pengeluaran rutin yang banyak.

Mulai lah dari dapur anda sendiri. Manfaatkan perkakas dapur yang ada. Untuk tahap awal sebaiknya anda melayani partai kecil saja dulu, agar anda tidak keteteran.

Setelah anda memiliki pengalaman, barulah mulai merambah ke katering nikahan, pesta hingga akikah. Selain menyediakan makanan saja, anda juga bisa menyediakan tenaga pramusaji untuk mereka yang tidak mau repot saat ada pesta.

Usaha katering ini sangat menjanjikan lho! Apalagi kalau kamu tinggal di perkotaan, karena kalau di desa-desa biasanya ibu-ibu masih bergotong royong memasak ketika tetangganya ada pesta, namun kalau di kota biasanya karena kesibukan membuat mereka tidak sempat.


13. Les Privat

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah membuka kursus atau les privat. Anda bisa memulai dari anak-anak SD. Anda bisa mengajarkan mata pelajaran yang anda kuasai.

Di daerah perkotaan biasanya orang tua tidak punya banyak waktu untuk mengajarkan anak mereka, nah ini adalah peluang untuk anda. Silakan anda tawarkan jasa les privat, biasanya waktunya setelah ashar sampai sebelum maghrib. Tentu hal ini tidak mengganggu aktivitas kita sebagai ibu rumah tangga.


14. Jadi Youtuber

Siapa bilang yang bisa jadi youtuber cuma anak-anak muda gaul? 

Emak-emak juga bisa jadi youtuber lho!

Mungkin kamu sering mencari resep masakan di youtube. Pernah tidak? Ya, kebanyakan mereka adalah ibu-ibu rumah tangga atau sebagiannya adalah alumni kontes master chef. 

Menjadi youtuber tidak harus ribet, anda bisa berbagi video anda sedang masak, atau sedang membuat aneka kue, atau merekam aktivitas anda sedang bersama buah hati.

Kini ada banyak ibu-ibu yang ikut tampil sebagai youtuber. Konten yang dibuat pun sederhana saja, misalnya ketika sedang memberi makan anak, sedang mengajak anak jalan-jalan di komplek, dan sebagainya.

Aktivitas ini bisa anda lakukan setelah menyelesaikan kerja wajib anda di rumah atau setelah suami pergi ke kantor. 

Dapat uangnya dari mana?

Anda bisa meraup pundi-pundi rupiah dari jaringan periklanan miliki raksasa Google, Google Adsense lebih tepatnya.

Untuk tahap awal anda tidak perlu memikirkan iklan dahulu, anda perbanyak video, sehingga penonton ramai dan subscriber sampai 1000. 

Nah, setelah video anda ditonton lebih dari 4ribu jam tayang dan 1000 subscriber, maka anda baru daftar ke google adsense. Tunggu informasi selanjutnya.

Jika disetujui, maka anda selanjutnya fokuslah membuat konten sebanyak-banyaknya. 

Dengan menjadi youtuber ini, anda bisa menjadi jutawan lho. 

Baca Juga : Cara Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Lewat HP


15. Bisnis Tanaman Hias

Anda suka bercocok tanam? 

Ini bisa menjadi peluang usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang menjanjikan lho. Kamu bisa menjualnya karena banyak orang di luar sana tidak memiliki keahlian untuk menanam bunga, atau tidak memiliki waktu untuk merawat bunga dari kecil.

Anda bisa memanfaatkan botol bekas atau plastik bekas minyak goreng sebagai media tanam sebelum dipindah ke dalam pot. 

Untuk memulai bisnis ini juga tidak perlu modal besar, kamu bisa mengumpulkan bibit-bibit bunga yang ada di sekitar tempatmu tinggal, kemudian kamu rekayasa dengan menyetek, menyambung dan lain sebagainya.


16. Usaha Sarapan Unik Anak Sekolah

Kalau kamu bisa melihat peluang lebih jeli lagi, sebenarnya kamu bisa membuat aneka makanan untuk sarapan anak-anak sekolah.

Kamu bisa meniru bentuk kartun untuk penampilan sarapanmu. Ini tentu sangat menarik bagi anak-anak, karena kebanyakan anak-anak malas sarapan, tapi kalau berbentuk kartun kesukaan mereka, pastilah mereka mau.

Ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk kamu. Kamu bisa menjajakkan langsung ke orang tua agar berlangganan, atau menghubungi sekolah untuk bekerja sama.


17. Loundry Kiloan

Kalau kamu tinggal di area yang ramai dekat perkantoran, perumahan, atau kampus, ide membuka loundry kiloan bisa kamu pertimbangkan.

Kebanyakan para pekerja, atau mahasiswa tidak memiliki waktu atau memang mereka malas untuk mencuci dan menyetrika. Nah ini tentu menjadi palung yang mantap buat kamu. Kamu bisa membuka jasa loundry kiloan dari rumah saja.

Kami di rumah juga seperti itu, bahkan kami menyewa jasa setrika, karena memang untuk menyetrika itu membutuhkan waktu khusus. Biasanya istri yang kerja tidak sempat lagi harus menyetrika banyak. Kalau sedikit sih biasanya sempat.

Oh ya, kalau kamu tidak sanggup membuka jasa loundry, kamu bisa juga membuka jasa setrikaan kok. Lebih mudah lagi, karena kamu bisa menggunakan setrika uap yang lebih cepat proses pengerjaannya.


18. Jasa Penitipan Anak

Jasa реnіtіраn anak bіѕа mеnjаdі peluang usaha ibu rumah tangga sukses berikutnya. Buat kamu yang suka dengan anak-anak, kamu bisa membuka jasa penitipan anak lho.

Tapi kalau kamu merasa kerepotan jangan sekali-kali mencoba usaha ini, karena kamu bakal kerepotan bahkan bisa setres. 

Untuk tahap awal kamu tidak usah menggunakan ruangan khusus untuk membuka jasa ini, cukup di rumah saja, namun seiring berjalannya waktu setelah anak semakin banyak, maka kamu bisa mempertimbangkan membuat semacam arena bermain untuk anak.

Bisnis ini sangat menjanjikan untuk kamu yang tinggal di lingkungan pekerja, apalagi buat orang tua yang bekerja keduanya, tentu mereka butuh orang terpercaya untuk menitipkan anaknya.

Kamu harus bisa menjaga kepercayaan orang tua, karena mereka rela mengeluarkan uang banyak asal anak mereka terawat dengan baik.

Apa kelebihan jasa penitipan anakmu? Misal kamu menawarkan gratis sarapan dan makan siang, atau kamu akan mengajarkan anak-anak tentang agama, tentang kebersihan, sopan santun, menggambar, menulis dan lain sebagainya.

Kamu harus bisa menarik simpati orang tua agar percaya menitipkan anaknya.


19. Buka Warung Kolontong

Buka warung sembako bisa menjadi ide peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta selanjutnya. Membuka toko kelontong ini memang cukup repot, karena kita harus standby  ketika warung sudah kita buka.

Saat kita sedang membersihkan rumah tiba-tiba ada yang memanggil untuk membeli, tentu kita harus bergegas melayani pembeli. Kerepotan ini tentu sesuai dengan hasil yang didapat. 

Semakin ramai toko tentu keuntungan yang kita dapat akan semakin besar.

Oh ya bund, kamu harus pandai mengelola keuangan, karena tokok kelontong ini margin keuntungan sangat tipis. Misal saja kita jualan jajan seribuan, dalam satu pack jajan biasanya kita hanya untung seribu, bahkan ada yang cuma 500 perak. 

Bisa dibayangkan kalau dalam 1 pak ternyata kita makan sendiri saja sudah 3 bungkus, tentu kita akan rugi 2 bungkus.

Nah, di sinilah penyebab banyak toko kelontong semakin hari jualannya semakin habis, karena mereka mengira uang masuk dari pembeli itu untung semua, padahal modal juga ada di dalamnya.


****


Bagaimana kira-kira sist? Dari 19 usaha sampingan ibu rumah tangga di atas, mana kira-kira yang menarik buat anda? Jika anda merasa masih belum jelas. Anda bisa menanyakan di komentar, insya Allah akan kami respon.

Kalaupun anda butuh informasi lebih jelas, silakan tanyakan kepada kami, kami akan bantu anda sebisanya, karena memang, point-point di atas belum dijabarkan ke hal-hal rinci dan teknis, akan butuh artikel tersendiri untuk menjabarkan masing-masing point, sebisa mungkin akan kami tulis pada artikel selanjutnya untuk panduan lebih lengkapnya.

Oh ya, meskipun ini usaha sampingan, namun jangan diremehkan ya, karena pelanggan akan tahu kita serius atau tidak, dan jika benar-benar kita seriusi hasilnya juga menjanjikan kok. Semoga ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

0 Response to "13 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan"

Posting Komentar