Penyebab Mengapa Bisnis Online Gagal yang Harus Anda Hindari

Penyebab bisnis online gagal menurut coach Sukarto Sudjono setidaknya ada 3. Bahkan ada 90% pebisnis online gagal. Kenapa hanya 10% orang yang sukses bisnis online?


Materi ini dibuat berdasarkan dua hal yaitu yang pertama adalah dari pengalaman saya pribadi yang awalnya juga mengalami kesulitan tantangan dan bahkan kegagalan juga yang kedua adalah dari pengalaman membimbing ribuan orang dalam memulai bisa Mereka.


Ternyata setelah saya pelajari Saya melihat sebuah pola Ternyata kita kita ini melakukan kesalahan yang mirip yang sama sehingga dengan mempelajari 3 sebab mengapa 90% gagal.

Anda jadi tahu kesalahannya apa dan yang lebih penting saya juga menceritakan menjelaskan apa yang seharusnya anda lakukan. Jadi anda akan tahu apa penyebab gagal kemudian anda juga akan tahu apa yang harus dilakukan.

Dengan mempelajari video Ini perjalanan bisa anda dalam membangun bisnis online yang sukses akan jauh-jauh lebih lancar, bukan tidak ada kesulitan tapi akan jauh lebih lancar.

Materi ini sangat penting untuk dibaca oleh pebisnis online pemula yang baru akan merintis, supaya lebih menghemat banyak waktu dan dan anda bisa lebih cepat untuk berhasil.

Coach Sukarto menuturkan bahwa, diawal-awal dia merintis usahanya, dia pernah belajar internet marketing setahun. Tidak ada hasil apa pun yang akhirnya dia merasa tidak ada gunanya. Saatnya pindah fokus ke bisnis lain.

Di lain waktu dia fokus kembali di internet marketing bisnis online. Barulah dia bisa berhasil karena sudah memiliki maind set yang berbeda.

Dia berharap materi ini didapatkan ketika di awal merintis bisnis supaya lebih menghemat waktu dan bisa mempercepat untuk berhasil di bisnis online.

Selain membahas mengapa 90% pebisnis online bisa gagal tapi juga akan membahas tentang bagaimana maind set 10% orang pebisnis yang sukses.

Penyebab Bisnis Online Gagal yang Harus Anda Hindari


Penyebab Bisnis Online Gagal Menurut Coach Sukarto

Sara berpikir yang berbeda dan itulah yang akan Anda juga pelajari. Jadi anda tahu sebabnya kenapa gagal dan apa yang harus dilakukan. Sementara 10% orang yang berhasil itu berpikir seperti apa?


1. Lack of Focus

Penyebab bisnis online gagal yang pertama adalah karena lack fokus. Jadi alasan pertama mengapa 90% lebih sering gagal itu adalah mereka tidak fokus, Mungkin anda sudah pernah dengar saya yakin anda bukan pertama kali ini dengar bahwa Anda harus fokus.

Inilah memang penyebab utama orang berbisnis online itu gagal karena ini mereka kurang fokus. Kenapa mereka bisa tidak fokus? Penyebabnya adalah shiny object sindrom istilahnya. Bahasa istilahnya orang bule itu sindrom objek bersinar kalau di Indonesia mungkin ungkapannya lebih tepatnya adalah “Rumput Tetangga selalu lebih hijau”.

Ini adalah sebuah sindrom di mana anda selalu melihat ada peluang bisnis lain yang lebih bagus lagi daripada yang saya kerjakan sekarang ini.

Anda lihat orang itu bisa menghasilkan puluhan ribu US Dollar per bulannya. Saya cuma hasilnya cuma 10 juta sebulan. Kemudian indah lagi bisnis lain. Jadi setiap kali ada sesuatu yang baru yang anda lihat lebih bersinar Anda pindah lagi, pindah lagi.

Itu terjadi juga pada saya yang awalnya saya juga seperti itu. Saya selalu melihat orang menghasilkan uang lebih besar dan lebih besar lagi.

Sehingga saya terus berpikir bagaimana cara menghasilkan uang lebih besar dan lebih cepat lagi? Jadi Setiap hari saya belajar hal-hal baru, belajar teknik baru, sebentar lagi eh ada sesuatu yang lebih bersinar, maka saya pindah lagi.

Saya pindah lagi akhirnya setahun saya buang waktu hanya seperti itu aja. Akhirnya saya tidak jadi apa-apa dan tidak dapat apa-apa. Semakin sering anda berpindah-pindah bisnis maka kemungkinan untuk sukses semakin kecil.

Kebanyakan kita berpikir bagaimana cara sukses dengan instan. Bahkan kalau bisa kita ketemu satu tombol yang bisa kita tekan untuk ‘Get Rich‘. Jadi cuma tekan tombol ini kita langsung kaya raya. 

Sepertinya pasti seru kalau ada tombol seperti itu, asyik rasanya kalau dengan hanya menekan tombol ‘get rich’ makan kita langsung auto kaya.

Sampai saat ini masih ada banyak orang yang berharap seperti itu, berharap ada sesuatu yang seperti itu dan  saya heran sampai saat ini saya melihat banyak sekali orang masih berpikir seperti itu. Ya mereka berharap ketemu satu tombol pencet langsung ‘Get Rich Quick‘.

Saya beberapa kali menghadiri sebuah sebuah seminar di mana pembicaranya menawarkan suatu Skenario. Di mana sistem internet marketing bisnis online seperti itu. Sangat mudah sekali rasanya.

Mirip dengan menekan tombol ‘get rich‘. Maunya pencet tombol langsung semua jadi dan banyak orang daftar. Ya karena mereka ingin memang seperti itu, cepat kaya tanpa banyak usaha.

Padahal 10% pebisnis online yang sukses butuh proses panjang. Dan ‘Get Rich quick‘ itu tidak ada. Jadi kaya cepat tanpa perlu usaha itu hanya angan-angan, bahasa kekiniannya, HALU.

Sementara 10% orang yang sukses itu tahu bahwa sesuatu yang berharga selalu butuh waktu dan proses untuk membangunnya. Jadi apa pun itu ya sesuatu yang berharga sesuatu bisnis yang bener-bener real bisnis yang yang memang akan menjadi suatu bisnis yang longterm yang besar selalu akan perlu waktu dan proses dalam membangunnya.

Nah, itu adalah poin pertama yang saya ingin anda mengerti, yaitu bagaimana cara berpikir 90% orang yang ingin mendapatkan hasil instan. Dan yang kedua adalah bagaimana orang 10% yang sukses itu mereka hendak memilih bisnis. Mereka memilih bisnis tidak hanya berdasarkan jumlah uang yang bisa didapatkan apa yang dijanjikan saja. 

Anda mungkin pernah mendengar seseorang bisa dapat dalam sehari uang puluhan ribu US Dollar. Dengan cara membayar iklan FB ads 1000 dolar dapatnya berapa puluh ribu dolar.

Kalau Anda memilih bisnis hanya merasakan iming-iming seperti itu, maka nanti jika ada satu lagi yang bersinar lebih terang Anda akan pindah lagi.

Jadi, stop! Jangan seperti itu, jangan memilih bisnis karena bilangan jumlah uang yang dijanjikan. Yang lebih tepat adalah Anda harus yakini bahwa tidak ada bisnis yang bagus dan cocok untuk semua orang. Utu yang harus anda sadari.

Ada orang sukses misalkan mereka jadi ambil kredit bank, kemudian mereka bisa mendapatkan penghasilan 10.000 dolar, tidak berarti semua orang kan cocok dan bisa melakukan itu.

Anda sendirilah yang mengenal diri Anda, oleh karena itulah anda harus mengenal diri anda, tidak semua bisnis cocok untuk anda jalankan.

Karakter orang itu beda-beda sehingga kecocokan berbisnis setiap orang itu berbeda-beda. Semua tergantung pada kepribadian, karakter dan talenta. Jadi anda harus lebih mengenal diri anda, mana bisnis mana yang cocok untuk Anda.

Jika anda sudah memilih satu jenis bisnis maka anda harus fokus dulu pada bisnis tersebut. Kalau sudah sukses dan berjalan dengan baik barulah anda berfikir untuk ekspansi ke bisnis lain.

Sebagai contoh saja untuk menggambarkan bagaimana fokus itu sangat penting. Jika kita memiliki kaca pembesar, kalau di letakkan di luar di atas sebuah kertas kemudian diam sekitar 1 sampai 2 menit, maka kertas tersebut akan terbakar.

Tapi coba, kalau kaca pembesar tadi kita goyang-goyangkan. Walaupun 1 sampai 2 jam sekalipun kita panaskan di bawah sinar matahari, maka kertas tersebut tidak akan terbakar.

Nah, seperti itulah kekuatan fokus. Jika kita fokus pada satu bisnis maka kemungkinan untuk berhasil akan semakin besar. Setelah berjalan Anda baru bisa pikirkan menambah ekspansi, ekspansi lagi, dan ekspansi lagi.

Ada sebuah ungkapan orang bule yang sering ngomong, jika anda mengejar 2 ekor kelinci sekaligus maka anda akan kehilangan mereka dua-duanya.

Jadi seperti itulah yang Anda harus ketahui, jadi alasan cara sukses bisnis online yang pertama adalah fokus. Kenalilah diri Anda, bisnis apa yang cocok untuk Anda? Setelah itu Anda fokus pada 1 bisnis dulu. Setelah berjalan baru anda ekspansi.


2. Overload Information

Penyebab bisnis online gagal yang kedua adalah kelebihan informasi. Penyebab sebab kedua Mengapa 90% pebisnis gagal adalah karena overload information atau kebanyakan informasi.

Orang-orang yang terkena penyakit ini mereka selalu merasa bahwa, oh ada hal yang saya belum tahu, sehingga merasa ada yang kurang.

Oh saya perlu belajar ini nih, Saya perlu belajar ini dulu, saya belum ini, saya balum itu, saya belum buat websitenya mungkin, Lalu Anda bilang juga saya harus belajar buat FBS dulu, saya belajar semua hal.

Anda merasa harus tahu semua hal, anda harus bisa semuanya, anda harus melakukan ini, melakukan itu, melengkapi ini, melengkapi itu.

Dan setelah mempelajari itu semua Apa hasilnya?

Biasanya anda akan jadi bingung. Kenapa? Karena terlalu banyak yang harus anda lakukan harusnya gimana dulu ya? Apa dulu yang dilakukan?

Akhirnya no action. Kebanyakan orang yang information overload mereka selalu akhirnya jadi bingung dan non action. Tidak ada tindakan yang dilakukan. Anda tahu kalau orang no action Apa akibatnya?

Tidak ada hasilnya. Ya itu yang terjadi pada saya 1 tahun pertama. Saya belajar di semua hal, semua ingin tahu, semua bingung. Jadi no action dan no result.

Jadi kemudian saya melakukan satu terobosan yang saya namai, information diet.  Jadi bukan cuma makan lo yang gak perlu banyak. Informasi juga, anda perlu juga diet information agar kita tidak overload information.

Apa yang saya lakukan? 

Saya menghentikan sebagian besar apa yang ingin saya pelajari, saya stop share and subscribe ke banyak orang-orang yang mengirim email saya yang menjelaskan berbagai macam hal terbaru.

Saya berhenti untuk membaca web-web di luar negeri, forum-forum dalam negeri yang setiap hari selalu ada sesuatu yang baru. Saya mau stop semua informasi, jadi saya berhentiin banyak email and subscribe saya juga stop baca-baca forum terlalu banyak.

Dan saya lebih banyak melakukan action. Karena orang yang 10% yang sukses itu selalu tahu bahwa action selalu membawa hasil jauh lebih besar daripada inaction.

Mengapa? Anda tidak tahu sesuatu akhirnya ada salah akhirnya anda gagal akan lebih baik daripada inaction. Karena ketika anda action, dan anda mentok tidak tahu ini harus bagaimana, apa yang harus dilakukan?

Maka anda akan belajar sedikit demi sedikit, anda akan learning by doing. Ini jauh lebih baik, karena orang inaction ini mereka tidak tahu apapun yang mereka tidak tahu apa yang bisa membawa hasil.

Mana yang tidak berhasil, mereka tidak tahu bedanya. Jadi anda harus berpikir seperti orang 10% yaitu action lebih penting daripada diam.

Jadi anda harus pelajari basic tenses saja. Kalau anda pernah ikut training dan Workshop mahirlah pada sesuatu saja, tidak perlu ambil semuanya, karena kebanyakan informasi malah akan membuat anda tidak juga melakukan aksi apa pun.

Lakukan sambil jalan, sambil perbaiki apa yang kita lakukan. Jadi semakin hari kita akan semakin ahli pada bisnis tertentu karena perbaikan dilakukan sembari kita menjalankan bisnis tersebut.

Nah itulah konsep yang ingin saya jelaskan, yaitu stres progress not perfection jadi kejarlah progres bukan kesempurnaan. Saya selalu menekankan hal ini kejarlah progres setiap hari. Ada progres sedikit itu lebih baik daripada Anda dari lembur 24 jam, setelah itu tidak melakukan apa-apa 2 minggu.

Itu sama sekali tidak baik, lebih baik anda konsisten setiap hari melakukan progres dan anda tidak bekerja perfection karena profesi itu tidak ada. Karena setiap hari selalu ada yang bisa ditingkatkan.

Jadi do it dan kejarlah progres bukan kesempurnaan. Itulah mind set orang yang 10% sukses itu. Dan 90% orang itu mau ngejar perfection mereka mau semuanya dan itu tidak akan pernah terjadi akhirnya no action.


3. Tidak Memiliki Mentor

Penyebab orang gagal dalam berbisnis selanjutnya adalah karena tidak memiliki mentor. Jadi mereka hanya mengikuti arus saja, tanpa mana yang harus dilakukan mana yang tidak.

Sehingga kebanyakan pebisnis itu menghabiskan waktunya hanya berkutat pada hal-hal itu saja, tanpa ada progres. Hanya jalan di tempat saja.

Sementara 10% orang yang sukses itu tahu bagaimana pentingnya memiliki seorang mentor khusus. Orang yang bisa memberi tahu harusnya begini harusnya begitu. Apa yang harus dilakukan dulu, mana yang prioritas, mana yang bisa ditunda dan lain sebagainya.

Kita lihat bagaimana para petinju, mereka harus memiliki pelatih khusus yang melatih mereka setiap hari. Mereka akan diajari bagaimana cara bertahan, bagaimana cara menyerang, jenis-jenis pukulan bahkan sampai diet yang harus dilakukan.

Perang pelatih atau mentor ini sangat penting guna memberikan petunjuk kepada kita apa yang harus kita lakukan, dan apa yang sebaiknya jangan kita lakukan.

Tentu saja mentor yang anda pilih adalah mentor yang real menjalankan bisnis yang mereka kuasai, bukan hanya mereka yang ahli dari segi materi tapi minim action. Sama saja bohong kalau itu.

Mindset dari successful people 10% orang yang sukses di bisnis online mereka actionnya adalah fokus tujuan, kemudian ekspansi bisnis.

Fokus pada 1 satu hal dulu, pada satu Project, satu model bisnis lalu baru mencoba bisnis lainnya, dan begitu seterusnya.

10% orang ini mereka tidak menunggu segala hal sempurna baru jalan, tetapi mereka memilih untuk jalan dahlu sembari sambil terus memperbaiki segala sesuatu yang butuh perbaikan.

Mereka tidak mengejar perfect project untuk progresnya tetapi mereka menyadari bahwa mereka menyadari tidak ada yang sempurna, semua bisa berubah seiring waktu, semua bisa diperbaiki.

Jadi peran mentor ini juga berguna untuk membimbing kita menuju kesuksesan seperti yang mereka alami. Memang untuk mencari mentor yang praktisi ini sulit.

Kalaupun anda tidak bisa mencari mentor praktisi, anda bisa mempelajari kiprah mereka, mengikuti channel youtube mereka, membeli buku mereka dan mengikuti jejak langkah mereka.

Karena sekarang ini informasi serba mudah didapatkan. Kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah dari mana pun, bisa dari Youtube, dari Website, dari Media Sosial. 


***


Demikianlah ulasan penyebab bisnis online gagal yang sebaiknya anda hindari. Semoga bermanfaat. Sebenarnya ada beberapa penyebab lain kegagalan bisnis online seperti salah promosi, kurang ramah, salah target dll. Namun sifatnya lebih ke teknis saja.

0 Response to "Penyebab Mengapa Bisnis Online Gagal yang Harus Anda Hindari"

Posting Komentar